Rabu, 21 Maret 2012

Spongebob

Oleh : Yeyen Rulyan
December 23, 2010 at 7:31pm

‘Rin?’ panggil Mila saat Dirin lagi asyik membaca novel.
‘Iya? Ada apa Mil?’ tanpa memindah posisi duduknya.
‘Jangan lupa besok jam 10 pagi kumpul di Kampus. Oya semua perbekalannya udah siapkan? Tarok di kost aku aja Rin, biar gak kesulitan untuk membawanya besok.’
‘Oke Mil, nanti bantuin ya?’
‘Ternyata keinginan untuk pergi ke Bali kesampean juga ya Rin, meskipun harus berjuang dengan merebut beasiswa itu. Hahaha gara-gara Bali, kamu mau belajar, padahal???’
 ‘Iya, iya aku tahu. Aku yang super males buat menghafal, malas kul, malas belajar, gitukan maksud kamu? Huh dasar! Tapi itu dulu Mil, buktinya? Hehehe. Meskipun aku tak pernah menyangka bahwa akupun bisa mendapatkannya, serasa semua mustahil.’
….Haruskah kumati karenamu...
Bunyi hp Dirin yang sempat mengganggu asyiknya obrolan mereka.
‘Assalamualaikum…’ sahut Dirin pada nomor hp tanpa nama.
 ‘Wallaikumsalam Rin,’
‘Siapa ya?’ Dirin agak heran.
 ‘Ardi.’
Deg..deg…deg..(hayo jantung siapa ya?)
 ‘ O.. Iya ada apa Di?’ Tanya Dirin yang sebenarnya tahu apa maksud dari Ardi menelfon.
‘Kamu pasti udah tahu Rin, apa yang ingin aku katakan sama kamu. Rin, aku tak memaksakan keputusan kamu. Tapi entah mengapa aku berharap kamu berubah pikiran untuk mau menerimaku lagi. Tapi jika tidak, justru aku bangga karena kamu bisa  menegaskan keputusanmu itu. Urai Ardi yang serasa berbicara sendiri.
 ‘Maaf Di, masih seperti yang dulu keputusan aku.’ Padahal jauh di lubuk hatinya cinta itu masih dan tetap utuh untuk Ardi, meskipun Dirin tahu itu tidak mungkin.
Iya, oya Rin, besok aku akan pulang ke Sumatra jam 10 pagi naik Bus yang biasanya dan mungkin tak kembali, kenapa aku ngomong ma kamu ya? Padahal itu tak penting buat kamu. Terima kasih ya Rin, sudah memberi waktu ke aku untuk mengungkapkan perasaanku. Moga kau temukan apa yang kau cari dan moga juga aku bisa melupakan secara perlahan harapku ke kamu.’
 ‘Ati-ati ya Di…’
‘Iya.’
Tak terasa jatuh juga airmata yang tlah diusahakan Dirin untuk tidak
tumpah, yah Ardi. Ardi lagi yang hanya mampu membuat Dirin
menangis.
‘Rin?’ sentuh Mila pada pundak Dirin.
‘Ardi Mil,’
 ‘Oh dia? Lalu bagaimana dengan keputusan kamu? Ini sudah yang ke-2 kalinya dia minta maaf dan ingin kembalian ma kamu.’
‘Tapi dia sudah menyakiti aku, menghianati cintaku.’
 ‘Rin, semua orang punya kesalahan dan masa lalu, kurasa dia sudah sadar dan ingin memperbaiki semuanya.’
Mil, aku ingin sendiri.’
 ‘Baiklah, jika kau butuh teman, hubungi aku ya.’ Lalu Mila beranjak pergi meninggalkan Dirin,
Rin harusnya kamu tahu berkat Ardi juga kau bisa seperti ini, hheemm. Bathin Mila dan benar-benar berlalu dari hadap Dirin.
                                                    ***
‘Ah manis juga aku, hehehe’ Saat sedang ayik bercermin.
‘Bali? Bentar lagi ke Bali, yess. Bali?
.... Hiks. Hiks. Hiks.... Dirin menangis lagi, untuk sekian kalinya menangis.
 ‘Kenapa Di? Kenapa? Datangmu mengusik lagi hidupku! Tidakkah semua cukup saat kau memilih dia, disaat aku begitu sayang dan setia padamu, disaat sedih dan kecewa ini aku tanggung sendiri? Tapi kenapa Di! Aku mampu bukan, tanpamu? Tapi kenapa kau hadir lagi? Dan ternyata dia bukan pilihan hatimu.

 Yaaa, pertemuan dua minggu lalu, saat reuni bersama teman-teman SMA, Ardi datang. Tak berubah, tetap baik dan terlihat lebih dewasa. Tak terasa masih ada kepingan hati yang tersisa untuknya. Dan benar hanya untuknya karena aku tak mencoba untuk membuka diri. Trauma tepatnya.
Ardi mengajak balikan. Ternyata semua itu adalah rencana teman-teman yang ingin kembali menjodohkan aku padanya. Maaf, masih sakit Di.Sambil mengusap airmata yang sedari tadi tak henti mengalir..

Namun di sisi lain bathin Dirin saling beradu
Kenapa Rin, jika masih suka? Masih sayang? Mengapa tidak?
 Jangan Rin, jangan. Baiknya kau menjalani hidupmu yang sekarang. Tidakkah itu lebih baik?
 Rin, semua punya masa lalu, dan tidak ada salahnya kau kembali padanya, karena kaupun masih sayangkan?
 Aahhgg kenapa Di?

Cukup lama Dirin untuk berfikir, mana? Yang mana? Yang harus Dirin pilih? Hati yang sempat tersakiti? Atau kembali memaafkannya? Huaaa...
‘Spongebob?’ ujar Dirin lirih, kemudian membuka lemari dan mengambil boneka Spongebob hadiah ulang tahun Dirin setahun lalu. Dari Ardi...
‘Buat kamu?’ sambil menyodorkan boneka spongebob.
‘Yaaa.. spongebob?’ dengan mimik yang heran.
‘Karena kamu suka ngambek dan pemarah.”
‘Terus apa hubungannya dengan Spongebob?’
‘Biar kamu ketularan baiknya Spongebob.’ Ucapnya lepas
‘Mang aku penjahat?’ tanya Dirin
‘Iya, kamu suka menganiaya aku.
‘Nyebeliii..’ bil nyubit punggung tangan Ardi.

‘huhuhuhu’ kangen Ardi....
Aku harus menemui Ardi, kenapa ego ini terlalu besar? Bukankah aku masih ada rasa? Aku gak mau kehilangan dia lagi. Mafkan aku Bali, cintaku ada di Yogya.’ Lalu keluar mengambil motor dan terbang ke Jombor. (Terbang? )


            ....Di Terminal Jombor....
            ‘Dirin tak akan datang,’ ucap Ardi, raut mukanya mulai
menampakkan kekecewaan setelah menatap hp tanpa ada pesan singkat dari Dirin.
            ‘Huff, maafkan aku Rin...’
Hp Ardi berdering, dan tampak nama Dirin di layar tersebut.
            Assalamualiakum?’ sapa suara dari sebrang.
Suara yang tak pernah asing di telinga Ardi, suara yang mungkin itu yang ditunggu.  
            ‘Waalaikumsalam’ sahut Ardi.
            ‘Kau mang penjahat, kenapa kau pergi dengan membawa sedikit cintaku? Kamu membiarkan Spongebob kesepian tahu!! Apa akan kau ulang lagi membiarkan aku menangis karena sikapmu? Apa kau ingin lagi membuat aku diam dan membencimu lagi? Kenapa kau tak lagi berusaha mempertahankan aku?’ Suara itu semakin jelas di dekat Ardi, dan memaksa Ardi untuk menengok arah suara tersebut.
            ‘Dirin?’Ardi terbengong.
‘Kenapa? Kaget? Kamu jahat!’ sambil memukul punggung Ardi.
‘Tuhkan sukanya menganiaya dan tetap cerewet. Udah belum ngomongnya?’ sedikit merona dan mengajak duduk di sampingnya.
            ‘Jam berapa busnya berangkat?’ tanya Dirin saat duduk di samping Ardi.
            ‘Setengah jam lagi Rin, dasar tulatit, kan dah bilang kemarin jam10.’
            ‘Hehe, bentar ya, aku mau ke kamar mandi dulu.’ Ujar Dirin
Terdengar nada telpon dari hp Dirin, dan diangkat oleh Ardi
......Haruskahku mati karena......
            ‘Rin, buruan ke kampus, di mana sie kamu? Bisnya dah mau berangkat tahu. Kesiangan lagi ya? Dasar kamu ini. Cepat ya... dah dulu, aku lagi sibuk nie.’tutt...tutt.. dan tiada tanda kehidupan lagi di seberang sana.

            ‘Lho hpku di kamu to?’ saat Dirin kembali dari toilet.
            ‘Rin, kenapa sie, kamu gak bilang kalo kamu punya acara.?’ Sambil menyerahkan hp Dirin.
            ‘Karena kupikir kamu lebih penting.’ Jawab Dirin lugu
            ‘Dan bagiku, acara itupun penting buatmu, jam berapa berangkatnya?’ tanya Ardi tegas
            ’20 menit lagi.’
            ‘Ayo aku antar ke kampus.’ ajak Ardi keluar dari terminal Jombor
            ‘Sumatramu?’
            ‘Itu urusan belakangan.’
            ‘Gak mau.’
            ‘Dasar cewek ngeyelan.’ Ardi mulai sedikit marah.
            ‘Kamu tuh.’
            ‘Rin, aku akan ke Sumatra setelah mengantarmu ke kampus.’
            ‘Terus gak balik lagi’ sedikit sedih.
            ‘Kembali, karena di Yogya kamu menetap.’
            ‘Gombal.’
            ‘Dasar gak percayaan.’
            ‘Ayo.’ Ajak Ardi

....Kemudian mereka beranjak ke parkiran..
            ‘Helmnya Cuma 1. Gimana?’ Tanya Dirin rada bloon
            ‘Bentar.’ Menghilang dari Dirin dan kembali membawa helm.
            ‘Helm siapa yang kamu bawa?’ tanya Dirin heran.
            ‘Ada deh, ayuk. Sambil menarik tangan Dirin.

Tiada kata yang mampu terucap, yang jelas aku bahagia, bathin Dirin. Dan hanya waktu yang tahu bagaimana perasaan kita saat ini..
Motor itu melaju dengan cepat menuju kampus, dan selanjutnya terserah penulis... hehehehe. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar