Rabu, 21 Maret 2012

Kesandung Cinta


Oleh :Yeyen Rulyan
4 Nov 2009 jam 9:08


Suasana kampus Bunglon di pagi hari, yang menunjukkan pukul 7 lewat 15 menit namun sudah banyak mahasiswa dan pengajar yang wara-wiri.
Yang pengajarnya lagi di ruang kerjanya masing-masing or siap-siap mengajar. Di ruang pengajar yang dekat dengan kamar mandi terdapat kaca besar itu ada dua cewek yang lagi asyik ngerumpi bil membenahi diri sebelum masuk ke ruang belajar, padahal udah ada pengajarnya.
 Uh dasar mang pemalas jadi masuknya sering telat disengaja.
 ‘Lho ndok kok belum masuk?’ Tanya bu Asri yang mendapati mereka masih tetap asyik ngobrol.
“Nanti bu masih nunggu temen di kamar mandi.’ Jawab Desy asal.
 ‘o, ya dah ibu ngajar dulu ya.’ Lalu bu Asri pergi untuk mengajar.
‘Mang sapa Des yang da di kamar mandi?’ Tanya Lia.
 ‘Gak ada.’
‘Uh dasar.’ Jawab Lia yang merasa dikibuli.
 ‘Des, Cinta itu dah punya pacar belum sie?’ Tanya Lia yang udah lama suka ma Cinta, yah pertemuan pertama saat Ospek.
’Kan kamu dekat Des ma Cinta.’
‘Gak tau ya? Yang pentingkan Cinta gak suka to ma kamu?’ Jawab Desy dengan santainya sambil bersandar di tembok dekat Lia berkaca.
 ‘Ha?? Nie anak bukannya nyenengin temen malah nyenepin.’ Oceh Lia tapi tetap berkaca.
 ‘Udah lho, jugaan Cinta gak bakalan kemana-mana kok.’
 ‘Lho mang Cinta mau ke mana?’ Tanya Lia yang langsung ja menghadap ke Desy dengan tatapan tanpa dosa.
 ‘Uh kumat deh gak nyambungnya, udahlah yuk masuk.’ Desy menarik tangan Lia dan menuju ruang belajar dan terpaksa deh duduk depan karena datang telat.
 Kok Cinta gak masuk ya? Pasti di Lab, diakan paling anti ma Inggris, masuk ja ngapa sie, telat juga gak papa. Bilang ja maaf mam telat, soalnya kekunci di kamar mandi, or apa kek yang penting masuk. Kebiasaa. Oceh Desy dalam hati.
 ‘Eh Cinta kok gak masuk ya?’ Tanya Lia yang dari tadi clingukan gak lihat batang hidung Cinta.
 ‘Ngurus ya?!’ Jawab Desy ketus. Dan Lia hanya mengelus dada ja dengan sikap temannya yang satu ini. 1 Jam kemudian
           ‘Huh, alhamdulilah udah selesai Inggrisnya.’ ucap Ita yang duduk paling
 belakang waktu belajar Inggris.
 ‘Desy, Lia. Kalian pulang duluan ja, aku mau ke Lab bentar. Oc.
Ucap Ita saat menghampiri mereka berdua.
‘Ya.’ Jawab Desy datar.
 ‘Kamu ikut sapa Lia?’ Tanya Desy pada Lia yang masih asyik mainan hp.
 ‘Aku? Pulang ke kost ja ah.’ Jawab Lia.
 ‘Ya dah aku duluan ya.’ Pamit Ita
’Yuk Lia.’ Ajak Desy dan mereka berdua pulang menuju kost yang gak jauh dari kampus mereka.
Saat Ita menuju Lab, dia melihat Cinta yang sedang duduk sendirian di sofa panjang dekat Lab office. Duh Cinta, tadi gak masuk eh malah nongol di kursi deket Lab, sendiri lagi, kaya orang ilang, heem tapi beruntung donk aku, kan aku bisa ngobrol berdua ja ma dia. Bathin Ita yang diem-diem suka ma Cinta.
 ‘Datengin ah.’ Bil berjalan ke arah Cinta.
‘Boleh duduk sinikan?’
 ‘Monggo.’ Jawab Cinta.
 ‘Ngapa tadi gak masuk Cin?’ Bil menata posisi duduknya
‘Gak papa.’
 ‘Oya kok sendiri? Desy di mana?’ Tanya Cinta.
 ‘Ha? Loq tanya itu yang ada orangnya, ngapa gak sekalian Tanya Lianya?’ jawab Ita rada sewot dikit.
‘Ya dah semuanya, kamu Desy dan Lia, puas.’ Cinta jadi malas Tanya. ‘Desy dan Lia pulang duluan ke kost, sedang aku ada di dekat kamu.’
Jawab Ita. ‘heeeemmmm, y dah.’ ‘Ih Nyebelin.’ Dan merekapun sibuk dengan kegiatan masing-masing, hingga kehadiran Adi mengejutkan mereka.
 ‘Eh geser dikit donk.’ Dan Adi duduk di tengah mereka berdua.
 ‘Santai ngapa? Mang nie tempat punya nenek moyang kamu.’
Oceh Cinta.
 ‘Udah lho Cin, gitu ja marah.’
 ‘Biarin ja, Cinta mang gitu kok.’ Jawab Adi.
 ‘Oya kalian kudu dukung aku ya?’ Lanjut Adi. ‘Dukung pa Di? Ujian? Wawancara?’ Tanya Ita.
 ‘Jangan bilang sapa-sapa ya? Aku mau nembak cewek nie.
’ Jawab Adi dengan PDnya.
‘Eh jangan deh Di, saranku jangan. Enti loq kamu kena marah Bapaknya gimana?’
 ‘Gimana sie nie anak.’ Bentak Cinta.
’Kamu juga jangan ngomong-ngomong tentang hal itu di sini, apa lagi ada Ita.
’Pelit.’ Dan Ita hampir marah.
‘Inikan privasi cowok.’
 ‘Iya, ya.’Ucap Adi setuju.
Sedang Ita langsung berfikir, siapa ya yang di sukai Cinta? Aku? Ih Aku jadi malu deh. Bil senyum-senyum sendiri.
‘Eh Ta jangan ngelamun!’ Adi memukul pundak Ita agar terbangun dari lamunannya di siang bolong itu.
 ‘Ih gak seneng ya liat temennya seneng?’ Jawab Ita.
 ‘Wah-wah jadi kita nie ge pada kasmaran ya?’ Selidik Adi.
 ‘Mang sapa yang kamu suka Di?’ Tanya Ita.
‘Yeah liat ja nanti, y dah maem yuk Cin, laper nie?’ Ajak Adi pada Cinta. ‘Ge kere Di.’ Jawab Cinta jujur.
 ‘Ya udah berhubung aku ge seneng, kamu aku traktir deh, tapi maemnya di Angkringan aja ya, he.’
 ‘Yup. It’s ok.’ Jawab Cinta. Lalu mereka berdua pergi menuju Angkringan dan ninggalin Ita sendiri. Kapan ya Cinta nembak aku? Jadi gak sabar.

‘Lia, Desy. Aku lagi seneng nie.’ Sambil senyum-senyum dikaca kamar
mereka.
 ‘Dapat lotre ya?’ Tanya Lia yang berharap akan ditlaktir maem.
 ‘Or undian berhadiah?’ Tanya Desy gak mau kalah.
 ‘Dasar ya, jiwa anak kostnya gak ilang,pengennya dapat gratisan. Tapi bukan itu. Bukannn….’ Dan berhenti sejenak, membuat Lia dan Desy kaya orang blo’on menatap dengan senyum-snyum di hadapan Ita.
‘Apa?!’ Tanya Desy dengan nada membentak.
‘Sabar Des, sabar ya. Entar juga kita dapat jatah kok.’ Lia mencoba menenangkan Desy.
 ‘Ini lagi Jatah terus.’ Jawab Desy ngotot.
 ‘Gini lho, Cinta itu kayanya mau nembak aku, tapi aku gak tau kapan. Gitu’ Jawab Ita.
 ‘Ih PD ya? Mang akunya mau dikemanain?’ Jawab Lia asal.
 ‘Haaa? Kok gitu Ya?’
 ‘Gak, gak Ta, becanda kali. Aus nie aku mau ambil minum dulu ya.
Dan Lia menuju dapur untuk mengambil air minum.
 ‘Aku kira apa.’ Dan Ita kembali sibuk berkaca sambil bentar-bentar mengamati Desy yang ge asyik banget mainan hp.
‘Lho? Adi? Cinta? Tumben, kok bareng smsnya, dan sama lagi isi smsnya, mau maen ke kost? Gak biasanya.’
 ‘Eh Cinta mau maen ke kost kita? Cepet amat? Kan aku belum siap?’ belum selesai bicara ada salam dari arah luar.
‘Assalamualaikum?’
 ‘Duh mereka dah datang lagi? Gimana nie?’ Desy udah mulai gupek dan pusing, yang mengundang kecurigaan Ita.
‘Kok kamu sie yang jadi salting gitu? Harusnyakan aku?’ oceh Ita. ‘Hehe. Ho’o ya?’ rada malu.
 ‘Assalamualaikum. Dessyyy…? Desyyy.. ?’ teriak Cinta.
 ‘Iyaaaa…’ Jawab Desy.
‘Aku buka pintu dulu ya?’ dan Desy menuju ruang tamu.
Lalu Ita berniat memperjelas keadaan dengan menguping pembicaraan mereka dari samping ruang tamu.
‘Masuk.’ Saat Desy sudah membukakan pintu untuk mereka berdua. ‘Lama banget to Des? Untung ja gak panas kaya di Neraka.’ Oceh Cinta. ‘Ho’o gak kasian kita yang udah kaya ikan asin dipanggang.’ Tambah
Adi, sedang Desy hanya ketawa kecil.
 ‘Ya dah sana duduk. Oya ada apa? Kok tumben?’ Tanya Desy tanpa basa-basi.
 ‘Nyantai donk, kitakan baru datang, istirahat dulu or dibuatin minum kek, kemarau ya? Wajar deh kan aku juga merasakan gimana rasanya jadi anak kost pada saat tanggal tua.
’Cinta terus yang berdongeng, sedang Adi hanya senyum-senyum aja. ‘Ya udah aku buatin minum dulu ya.’ Saat mau beranjak dari tempat
duduk, Adi dan Cinta berucap bareng.
‘Eh gak usah.’
 ‘Lucu? Kok bareng ya?’ Tanya Desy yang membuat mereka berdua jadi salting, lalu Desy duduk kembali dan ngobrol-ngobrol yang belum menuju ke topiknya.
‘Eh Ta ngapa kamu?’ berbicara dan jalan pelan-pelan saat mendekati Ita. ‘Udah, jangan banyak Tanya, ikut gabung aja. Aku ge nguping
pembicaraan antara Cinta, Desy dan Adi.’
‘Apa? Cinta?’ lalu Lia ikutan gabung dan geasnya diletakkan di guci dekat mereka nguping.
 ‘Gelasmu.’
‘Ya biarin.’ Jawab Lia.
‘Tanganmu jangan kemana-mana, enti gelasnya jatuh. ‘Iyaaaaa Ta.’ ‘Kita pengen ngomong sesuatu ma kamu Des.’ Cinta memulai topic
pembicaraan yang serius.
’Gak nyangka Des, kita menyukai orang yang sama.’
 ‘Dan itu kamu Des!’ Tambah Adi.
 Lalu mereka berdua memberi waktu pada Desy untuk berfikir sejenak.
Sebenarnya aku suka keduanya, hehe.. Cinta?? Cinta sering nemenin aku jika aku lagi sendiri di Lab. Yah meskipun rada gak nyaman dikit ma dia. Cuma ma dia aku grogi, mungkin karena itu ya jadi gak nyaman, tapi galak juga sie, meskipun begitu dia pernah ngasih saran yang gak mungkin aku lupakan.
’Des,kamu jangan pernah menyamakan laki-laki itu sama dengan mantan kamu. Laki-laki juga bisa setia loq dia udah bertemu dengan yang cocok. Jadi berfikir positiflah jika dia gak bisa sama kamu, mungkin itu yang terbaik untuk kalian berdua, toh suatu saat pasti kamu pasti ketemu dengan orang yang cocok juga ma kamu, percaya deh. Contohnya aku.’
 Heemmm sedang Adi? Aku suka karena dia gak gampang marah, dan enak banget buat ngobrol.
 ‘Des, aku bisa jadi temen curhat kamu, jadi janganlah ragu untuk berbagi beban sedih or seneng kamu ma aku. Ok? Kitakan temen.’ Jawab Adi di saat mereka belanja bareng ke Pamela.
 Duh? Lalu Ita dan Lia? Mereka juga menyukai Cinta, mereka juga begitu berarti untukku, aku menyayangi mereka. Karena hijrah yang menyedihkan bagiku di Kota Gudeg ini hilang saat aku bertemu dan 1 kost dengan Lia dan Ita. Duh benar-benar bingung nie.

‘Des. Gimana? Lama banget mikirnya?’ Tanya Cinta yang mengagetkan Desy.
 ‘Kamu pilih siapa? Aku or Adi?’ Lanjut Cinta lagi.
 ‘Aku?’ Iya kita suka ma kamu? Kamu pilih siapa?’ tambah Adi.  ‘Aku??’

Pyaarr. Spontan ja mereka menuju pada arah suara tersebut.
‘Duh gelasnya kesempar tanganku, pecah deh.’ Hehehe cengir Lia. ‘Kamu sie dah dibilangin awas gelas, malah.’ Sewot Ita dan mereka
malu karena ketahuan menguping.
 ‘Kalian itu ngapa?’ Tanya Desy heran.
 ‘Kaya maling ja.’ Oceh Cinta. Dan Adipun hanya senyum-senyum ja melihat Lia dan Ita.
‘Anu, kita itu penasaran aja ma kalian yang sepertinya bicara serius dan gak ngajak-ngajak kita, jadi terpaksa ja kita nguping, yus waktu ditopiknya itu.’ Belum kelar Ita bicara Lia menambahkan.
 ‘Gelasnya malah kaget, eh maaf salah. Maksud aku, akunya kaget, eh gak denk, gelasnya kesenggol tanganku.’ Jawab Lia tambah salting. Desy benar-benar gak bisa menahan senyumnya lagi melihat kekonyolan kedua sahabatnya itu.
Heemm hidup terasa berwarna dengan adanya mereka berdua. Meskipun biasanya sering menjengkelkan jika penyakit tulalitnya sedang menghampiri mereka, banyak deh kisah senang dan sedih saat kumpul bersama mereka, duh jangan sampai hanya karena masalah ini aku menyakiti hati Lia dan Ita, itu gak boleh aku lakukan.
 Lebih baik gak ada Cinta dan Adi, daripada gak ada Lia dan Ita. Mereka lebih berarti untukku, meskipun aku juga sebenarnya mengharapkan salah satu cinta dari Cinta dan Adi. Karena kehadiran mereka juga membuat aku bisa membuka diri dengan seorang makhluk bernama cowok.
 Yah sakit hati yang lama aku rasakan karena dihianati oleh orang yang terlanjur aku sayang, bodohnya aku yang tak mampu meyakinkan bahwa diriku mampu berlalu dan membuka lembaran baru, tapi pihak ketiga itu yang membuat aku rapuh, huh mang orang ketiga terkadang sering membawa petaka.
 Tapi semuanya terasa terkikis perlahan setelah kehadiran mereka berdua. Namun, lebih baik aku tak memilih keduanya, karena dengan begiu aku gak akan menyakiti sahabatku, Cinta dan Adi. Yah keputusan aku tidak, toh akukan bisa mendapatkan cowok yang lain karena aku gak buruk-buruk amat sie. Hehe sambil senyum-senyum sendiri.
 ‘Desy!’panggil Cinta saat mendapati Desy melamun lagi.
 ‘O. iya.’ Jawab Desy.
 ‘Ya dahlah kita kumpul lagi ja di ruang tamu, oya Lia dan Ita ikut aja ya, sebagai saksi kita.’ Tambah Adi. Lia dan Ita hanya mampu tersenyum dan merekapun berkumpul lagi di ruang tamu.
 ‘Berhubung ada Lia dan Ita, kita pengen kamu bilang jujur, siapa yang kamu suka Des?’ Lanjut Adi dah gak sabar.
 Desy menatap Cinta dan Adi, di wajah mereka penuh ketegangan akan keputusan Desy, sedang Ita dan Lia terlihat pasrah dan sepertinya masih malu dengan adegan yang barusan terjadi tadi.
 ‘Ya dah aku jujur ya, sebenarnya aku menyayangi.’
 ‘Haaaa.’ Nada seperti orang asma, otomatis semua wajah tertuju pada suara itu.
 ‘Ngapa Ta?’ Tanya Desy
 ‘Enggak, asmaku kumat aja.’
 ‘ooo… oya mang kamu punya penyakit asma?’ Desy Tanya lagi.
 ‘Eh gak, kakiku keinjak kakinya Lia, benarkan Lia.’ Lirik Ita ke hadapan Lia.
 ‘heemm. Iya, ya dah deh lanjutin Des.’
 ‘Ya udah aku lanjutin lagi ya?’
 ‘Harus itu.’buru Cinta. ‘Aku menyayangi kalian sebagai sahabat, sebagaimana aku menyayangi Lia dan Ita. Dan aku hanya ingin kita bersama dalam ikatan persahabatan, aku menyayangi kalian semua, hidupku terasa berwarna karena kehadiran kalian.
 Dan rasa cinta itu cukup cinta dalam persahabatan, bukan cinta yang lain.akupun tak ingin persahabatan kita rusak hanya karena satu masalah yang sepertinya gak banget jika dibandingkan dengan besarnya persahabatan yang udah kita rangkai bersama, iyakan?’ setelah mendengar pengakuan dari Desy, Lia dan Ita jadi bengong dan merekapun sibuk dengan pikirannya masing-masing.
 ‘Benar juga sie, jangan ada cinta yang nantinya hanya membuat persahabatan kita berakhir.’ Ucap Lia.
’Iya benar.’ Tambah Ita. Makasih ya Des, kamu tidak mengatakan perasaanku yang sesungguhnya kepada Cinta, ternyata cintaku tak terbalas, dan sungguh akupun jadi malu karena terlalu PD dengan sikapku tadi, bathin Ita.
Sama halnya dengan Cinta dan Adi merekapun terdiam ternyata perasaan mereka tak ada yang terbalas, padahal sebelumnya waktu di Angkringan tadi udah hampir berantem dan penjualnya juga terpaksa turun tangan dalam menangani mereka dan memberi petuah yang memuakkan namun benar juga sie.
 ‘Jangan sampai kehadiran seorang wanita merusak indahnya liku persahabatan kalian, jadi jangan jadikan ego itu raja kalian.’ Nasehat pak Karim penjual Angkringan langganan Cinta.
‘Tapikan aku yang jujur duluan loq aku suka sama Desy!’ Ucap Adi. ‘Ya karena aku dapat kesempatan bicara yang kedua.’ Bela Cinta.
 ‘Yo iyolah wong kowe kalah suit karo aku.’ Jawab Adi dengan logat jawanya.
‘Ya udah sekarang kita ke kost Desy, dan minta kepastian dari dia, pilih aku or kamu.’ Tuding Cinta.
 ‘Ok.’
 ‘Ya dah bayar dulu makanannya,.’ Cinta mengingatkan Adi untuk jangan lupa kewajiban membayar setelah makan, jugaan diakan ditlaktir,jadi takutnya batal karena masalah Desy.
 ‘Nie pak duwitnya, kembaliannya nanti.’
‘Orang pas kok.’ Jawab pak Karim.’Iyo to pak?’ Tanya Adi malu-malu. ‘Ya udah yang penting jangan sampai persahabatan jadi taruhannya.’
Lanjut pak Karim.
 ‘Ok pak.’ Jawab mereka berdua dan menuju ke kost Desy. Dan ternyata semua ini adalah hadiahnya, Desy tak membalas salah satu cinta dari mereka berdua. Cinta dan Adipun saling bertatap dan senyum, Adi berucap
 ‘Ingat pesan pak Karim gak?’
 ‘Ingat.’ Jawab Cinta. Lalu Cintapun berucap dengan nada sok berwibawa
 ‘Ei udahlah gak usah pada melamun, persahabatan kita ini gak akan habis di makan usia dan waktu kok. Iya gak?’ Tanya Cinta pada mereka yang masih diam saja, kemudian ketiga cewek itu saling pandang dan tersenyum juga. Lalu berucap serempak dengan kata-kata yang sering banget mereka ucapkan.
 ‘Yo’i sob.’
 ‘Oya gelasnya jangan lupa diganti ya?’ tambah Adi, dan mereka berlimapun tertawa bersama-sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar