Rabu, 21 Maret 2012

Larissa

Oleh : Yeyen Rulyan
Yogyakarta, 25 Januari 2011


Dia, Larissa. Tapi aku lebih senang memanggilnya si imut, karena tubuhnya yang gemuk dan selalu buat dia mengeluh.
          ‘Bi, burger yuk?’ ajak Larissa sore itu.
          ‘Ha? Gila, sudah makan mie, dibarengi ma minum susu. Ini gorengan tinggal setengah, kamu yang abisin. Sekarang masih pengen burger?’ Dengan raut heran.
          ‘Tuh badan kamu dah gemuk, sudahlah jangan dipaksain makan terus.’
          ‘Abi nie, jangan bilang aku gemuk, aku gak suka, ayo Bi, aku pengen burger.’ Sambil menarik tanganku
          ‘Tuhkan dibilang gemuk gak mau, tapi makan aja. Gimana sie kamu nie.’ Dengan nada sedikit meninggi
          ‘Iya ya Bi, aku gemuk. Ih gak enak banget. Tapi pengen burger, hehehe’
          ‘Kasian tubuh kamu, dia butuh istirahat. Aku juga gak pengen kamu tambah gemuk.’ Ucap Abi
          ‘Dan kamu mau bilang aku imut? Item mutung gitu? Nyebeli.’
Pertengkaran kecil itu akhirnya dimenangkan oleh aku, hari itu dia, Larissa. Memilih menghabiskan makanan yang tersisa dan tak meminta burger lagi.

           Dia, Larissa. Gadis lincah dan pandai. Sangat tidak ingin pekerjaan kuliahnya berantakan. Hari senin itu adalah hari pertama dia UAS.  Jadi kita bisa ketemu pada hari sabtunya, terakhir UAS. Sabtu sore itu aku berkunjung ke rumahnya dan sengaja membelikan dia burger, karena ingin buat dia senang.
           Tapi.... Sayang, Larissa sedang terbaring lemah, sangat pucat, dan tak berdaya. Di kamar ukuran 3x2 meternya dia tertidur. Kurasa tidak pulas, karena dia sering kali mengaduh, mungkin kesakitan. Kadang dibarengi tangis. Kata ibunya dia terlalu capek untuk UAS kali ini. Katanya dia tak ingin mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Oh, Larissa tak beginikan caranya?

          ‘Sudah makan?’
          ‘Belum Bi.’
          ‘Udah sakit berapa hari? Kok keliatan kurus? Gak ngabari Abi lagi.’
          ‘Baru kemarin jum’at, Bi, ngapa ngabari, Abi pasti dateng sabtunya.’
          ‘Bohong baru sakit jum’at.’
          ‘Jujur.’
          ‘Sudah ke Dokter?’
          ‘Gak mau Bi.’
          ‘Larissa sayang Abikan?’
          ‘Iya Bi, tapi aku gak mau ke Dokter, mungkin bentar lagi sembuh.’
Aku menyentuh tangannya, panas. Dan kurasa ini bukan sakit biasa.
          ‘Kamu gak pengen makan? Ini aku bawakan burger.’
          ‘Aku pengen Abi yang makan, aku pengen diet.’ Sedikit memanja
          ‘Aku pengen kamu makan.’ Ucap Abi lagi
          ‘Mual, gak enak makan Abi.’
          ‘Sini, Abi dongengin,’ sambil kumainkan rambut Larissa yang semakin lembab.
          ‘Kok Abi aneh?’
          ‘Kamu yang ajarin.’
          ‘Abi, aku dah kuruskan?’
          ‘Gemuk juga aku tetap sayang kok.’
          ‘Huu, nyebeli.’
          ‘Larissa, aku pulang dulu ya, besok pokoknya harus dah sembuh, janji.’
          ‘Oke bos, siap laksanakan.’



          ‘Tante, kenapa Larissa gak diperiksain?’ tanya Abi saat di ruang tamu hendak pulang
          ‘Larissa gak mau Bi.’
          ‘Sebenarnya Larissa itu dah sakit berapa lama Tante?’
          ‘Mengeluhkan sakit, selasa kemarin, tapi dia tetap nekat untuk kuliah.’
          ‘O, mending di bawa ke Dokter lho Tante.’ Bujuk aku.
          ‘Gak mau dia Bi, tumben aja dia gak mau berobat. Katanya besok sembuh. Ya moga saja besok dah mendingan.’ Sambil dengan sibuk menyetrika.

          Hari itu, Larissa. Tak seperti biasanya, sangat manja dan sulit diatur. Hingga akhirnya berita itu. Ah, andai semua tak mengikuti ingin Larissa mungkin dia masih ada di sini. Esoknya, Larissa gak bangun-bangun dari tempat tidurnya, dia mengeluhkan panas yang tinggi dan menunjukan bintik-bintik merah di tiap tubuhnya, saat akan dibawa berobat dia bilang ingin istirahat sebentar.

          ‘Sebentar ma, aku cuma pengen tidur, gak lama kok.’ Ucap tante menirukan kata-kata terakhir Larissa.
         Hingga tak lagi dia mengeluh, dia tertidur. Tapi tak menyadar, dia pingsan dan bertemankan darah dihidungnya. Tak banyak sie, tapi cukup mengagetkan. Saat dibawa ke rumah sakit, Larissa divonis terkena DBD. Tapi naas segalanya terlambat. Dia, Larissa. Pergi meninggalkan kami. Membawa cintaku yang sangat ingin aku semai hingga nanti ke pelaminan. Larissa, aku mencintaimu.....


          ‘Sangat mengharukan mas ceritanya, semoga segera mungkin mas mendapat ganti Larissa.’ Sambil menepuk pundak Abi
          ‘Makasih Ya, meskipun tak semudah itu.’
          ‘Iya, aku tahu. Dan aku yakin segalanya akan menjadi lebih baik lagi.’

Kitapun meninggalkan Tamansari dan hendak pulang, karena cuaca yang tidak mendukung untuk tetap menetap di sini.

Tamansari, Alun-alun, Parangtritis... Ah, ternyata tak lagi akan kujumpai tempat-tempat itu bersamamu, Larissa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar